Budayakan D.U.I.T bagi Guru

Kamis, 8 Oktober 2015 11:15:34 - Posting by evi - 463 views

KoranPendidikan.com - Kemajuan sebuah bangsa ditentukan olah putra-putri generasi bangsa yang kini sedang berjuang di bangku pendidikan. dengan demikian kemajuan sebuah bangsa ditentukan oleh kemampuan para pendidiknya untuk mengubah karakter generasi penerusnya kedepan. tanpa figur pendidik yang baik, mungkin bangsa besar seperti Indonesia tidak akan dapat menikmati hasil putra putri bangsa yang sudah mendorong perkembangan tersebut.

Pendidik sangat berperan penting demi terwujudnya insan-insan cerdas pemimpin bangsa. Bicara tentang kontek pendidik, guru bukan satu-satunya pendidik yang dapat dijadikan alasan yang tepat, karena bahwasannya pendidikan berlangsung tidak hanya di sekolah, melainkan di lingkungan keluarga dan di ligkungan masyarakat. Sehingga Orang tua dan warga masyarakat di lingkungan membawa pengaruh yang cukup besar bagi karakter anak.

Seiring dengan telah. diberlakukannya Undang-undang guru dan dosen, pemerintah telah menggulirkan beberapa program yang dapat meningkatkan kesejahtraan bagi guru berupa Tunjangan Profesi yang lazim disebut Tunjangan Sertifikasi bagi PNS maupun Non PNS yang bekerja di yayasan dengan harapan guru mampu meningkatkan kualitas kerjanya secara lebih maksimal.

lalu dimulai dari mana kita "Guru" berusaha meningkatkan kinerjanya?

Jawabannya adalah dimulai dari D.U.I.T.

D =  Disiplin, Budayakan Disiplin dalam bekerja 

U = Ulet, Ulet dalam memecahkan masalah siswa

I = Inovatif, Guru harus mampu menciptakan suasana belajar baru yang kondusif

T = Terampil, Guru terampil menggunakan media pembelajaran.

Nah jika Guru bisa membudayakan DUIT dengan penuh kesadaran, niscaya apa yang diamanatkan dalam Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dapat tercapai.

Satu pesan yang dapat penulis sampaikan bagi guru dan calon guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar dan pendidik di sekolah:

"Janganlah Kau Bedakan Mereka tapi Kau Harus Membedakannya"

Oleh:
EVI NURDIANA, S.Pd.
Guru SDN Cipanyarang Kecamatan Karangnunggal
Kabupaten Tasikmalaya.

Tags #